Sabtu, 25 April 2009

Alga Periphyton


(Periphyton merupakan komunitas mikroorganisme yang tumbuh pada batu, kayu, makrofita, dan permukaan benda lain yang terendam dalam air. Periphyton pada dasarnya merupakan alga sifatnya menempel, akan tetapi bisa juga disebut sebagai rotifera, protozoa, dan bakteri yang menempel pada substrat perairan. Periphyton sangat)
...

(penting untuk indicator kualitas air baik secara kimia, fisik, maupun biologi.
Berdasarkan sifat atau cara penempelannya pada substrat, Cattaneo dan Kalff (1978) dalam Arfianti (1989) membagi alga periphyton atas lima kategori, yaitu:
1.Planktonik (“planktonik”), apabila alga biasanya ditemukan sebagai plankton dan secara aksidental juga dapat ditemukan sebagai periphyton.
2.Berfilamen (“filamentous”), apabila alga filament terikat pada substrat, tetapi secara normal hidup bebas atau hidup diantara alga lain.
3.Motil atau kokoid (“motile, cocoid”), apabila alga tidak mempunyai alat penempel dan pada umumnya hidup sebagai bentos.
4.Bertangkai (“stalked”), apabila alga menempel pada substrat dengan tangkai yang bergelatin yang dapat pendek atau sangat penjang, atau bahkan kadang-kadng bercabang.
5.Menempel (“attached”), apabila seluruh bagian tubuh alga menempel pada permukaan substrat.
Komunitas periphyton dalam tingkat tropic umumnya terdapat dalam tingkat tropic pertama yang berupa phytoplankton, tingkat trofik kedua yang terdiri dari zooglea, protozoa, dan mikroorganisme lain yang menempel.
Material tenggelam merupakan substrat atau media tumbuh bagi berbagai kelompok mikroorganisme, seperti bakteri, protozoa, alga, rotifera, dan sebagainya. Sebagian bakteri berfungsi sebagai perombak bahan organic menjadi bahan anorganik yang dapat segera dimanfaatkan oleh organisme autotrof seperti mikroalga. Populasi bakteri itu sendiri merupakan pakan bagi protozoa heterotrof.
)

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 

FRANS_BLOG. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com