Sabtu, 25 April 2009

PROBIOTIK



(DNA merupakan polimer yang terdiri dari tiga komponen utama, yaitu gugus fosfat, gula deoksiribosa, dan basa nitrogen. Sebuah unit monomer DNA yang terdiri dari ketiga komponen tersebut dinamakan)
...

(kulit, insang dan dapat diaplikasikan pada lingkungan (air). Keberadaan bakteri probiotik dalam saluran pencernaan dipengaruhi oleh komunitas bakteri di luar tubuh ikan dan faktor-faktor lingkungan lain. Karena itu probiotik dapat diintroduksi melalui pakan maupun lingkungan (air). Probiotik bekerja tidak hanya pada saluran pencernaan (intestinal) tetapi juga pada kulit dan insang ikan.
Probiotik diaplikasikan untuk memanipulasi lingkungan makro (perairan/macrocosm) dan/atau lingkungan mikro (pada/dalam tubuh ikan/microcosm). Keberhasilan aplikasi probiotik sangat dipengaruhi dan erat kaitannya dengan faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan makro dan mikro tersebut.
PRINSIP DOMINANSI
Keberhasilan hidup mikroorganisme bergantung dari keberhasilannya untuk membentuk koloni.
Kehidupan mikroorganisme erat kaitannya dengan prinsip seleksi alam dan dominansi.
Jenis mikroorganisme yang dominan adalah yang mampu secara cepat beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan membentuk koloni.
Jika koloni sudah terbentuk maka akan timbul prinsip antagonistik yang cenderung mendominasi populasi mikroorganisme.
KEMAMPUAN DOMINASI
Kemampuan suatu strain bakteri untuk mendominasi macro atau microcosm dipengaruhi oleh lingkungannya.
Indigeneous strain (strain asli) yang secara alamiah terdapat pada/dalam tubuh ikan lebih cepat beradaptasi dan mampu berbiak dengan cepat.
Introduksi non-indigeneous strain akan membutuhkan repetisi/pengulangan. Strain bakteri tersebut harus selalu diberikan agar dominansi dapat terjaga.
MEKANISME PROBIOTIK
- Beberapa cara bakteri probiotik unggul dalam kompetisi :
Kompetisi nutrien (biasanya mineral),
Menghasilkan inhibitor bagi bakteri pathogen,
Kompetisi ruang, terutama pada dinding intestinal tract,
- Beberapa cara probiotik memberi manfaat nutrisi :
Memproduksi nutrisi esensial (vitamin & asam amino) bagi inang,
Memproduksi enzym yang membantu pencernaan makanan bagi inang,
Memproduksi senyawa yang membantu non-specific immune system
Bakteri probiotik di perairan secara langsung merombak bahan organik, menyerap beberapa senyawa beracun (spt Fe, Nitrit, ammonia dll)‏.
)

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 

FRANS_BLOG. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com