Sabtu, 25 April 2009



(Kotoran sapi dapat dimanfaatkan melalui proses fermentasi an aerob dengan hasil sludge dan gas bio sebagai pakan ternak, pupuk tanaman dan bahan bakar.
Lumpur hasil fermentasi unit bio-gas dapat pula dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman dan pakan ternak. Lumpur sludge sebagai hasil akhir pengolahan limbah biogas dapat dipergunakan)
...

(sebagai substansi pada bahan ransum pakan ikan.
Mekanisme kerja instan biogas (kapasitas 9.000liter) adalah sebagai berikut; campuran bahan isian yaitu kotoran ternak dicampur air dengan perbandingan tertentu (1:1) dimasukkan ke dalam degester (tangki pencerna) lewat lubang masukan sebanyak 7.000liter campuran. Isian rutin setiap hari 80-300liter campuran. Apabila bahan isian dalam digester (slurry) mencapai tahapan an-aerobik (tahap pencernaan metan organik), maka terjadilah produksi gas bio yang kemudian ditampung (terkumpul) di dalam holder. Kemudian teratur lewat keluaran gas. Oleh karena ruang pencerna dan ruang gas pada bangunan ini menjadi satu, tekanan gas yang berada di ruang gas (akibat gas yang produksi terus menerus) akan menimbulkan tekanan akibat pemadatan gas, tekanan tersebut akan mendorong permukaan isian (slurry) sehingga permukaan slurry turun. Volume penurun permukaan slurry berpindah atau keluar lewat pipa/lubang keluaran dan ditampung dalam bak penampungan (out let chamber).
Kandungan protein kotoran sebelum dan sesudah proses fermentasi tidak banyak mengalami perubahan. Hanya tidak berbau, parasit musnah dan lebih partebel sebagai pakan ternak. Bahkan kandungan nitrogen yang terikat menjadi lebih banyak dapat meningkat mutu bahan.
Padatan hasil biokonversi yang melalui fermentasi anaerob mengandung vitamin B12 dan antibiotik yang dapat menstimulasi pertumbuhan ternak.
Tabel 1. Komposisi sludge kering dan sludge basah
Komposisi
Sludge kering (%)
Sludge basah (%)
Bahan kering
85,98
10,08
Abu
55,89
45,02
Protein kasar
8,3
11,46
Serat kasar
16,32
18,84
Lemak
0,66
2,15
BETN
18,8
25,53
Sumber : Yunus, et al (1997)

)

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 

FRANS_BLOG. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com